Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

11 Jan 2011

Sapardi Djoko Damano

Kadang kadang, gue sendiri pengen mengemas satu postingan-kata yang gua dengan satu kemasan dalemannya terdapat kata kata yang beuuuuh, bikik bangkitttt. seperti sajak atau kata motivator.


pengalaman gua menulis sajak, di rasa masih sangat amat ancur. ketika gue menulis sajak , gue bikin tulisannya sesedih mungkin, padahal kondisi gua lagi ngasih happyness. contohnya ini,


Pelan pelan aku jatuh kepada-mu, mataku selalu tertuju padamu, kau buatku semakin meragu, karena kamu terlalu cantik nbagimu (tobecontinued)

sajak ya sajak, gue yakin ini adalah sajak yang paling alay di dunia, paling banter di sukai anak" SMA yang celana merecet dibawanya dengan jaket dibadannya yang tebel. gak banget deh.

untuk sastra gua terkagum dengan sapardi djoko damono, maestro sastra indonesia, yang sajak-sajaknya beuh, sampe bikin miris.


Malam tak menegurmu, bergeser agak ke samping / ketika kau menuangkan air mendidih ke poci; / ada yang sudah entah sejak kapan tergantung di dinding / bergegas meluncur di pinggang gelas-waktu ini. / Dingin menggeser malam sedikit ke sudut ruangan; / kautahan getar tanganmu ketika menaruh tutup poci itu, / dan luput;... ada yang ingin kaukibaskan. / Kenapa mesti kaukatakan aku tampak begitu gugup?

Pantes aja banyak nerima penghargaan..
Sapardi adalah lulusan bahasa inggris Universitas Gadjah Mada, bukan teknik kimia untirta. Pujangga ini juga pernah mengajar di fakultas Sastra Universitas Indonesia. Musikalisasi puisi karya SDD dimulai pada tahun 1987 ketika beberapa mahasiswanya membantu program Pusat Bahasa, membuat musikalisasi puisi karya beberapa penyair Indonesia, dalam upaya mengapresiasikan sastra kepada siswa SLTA. Saat itulah tercipta musikalisasi Aku Ingin oleh Ags. Arya Dipayana dan Hujan Bulan Juni oleh H. Umar Muslim. Kelak, Aku Ingin diaransemen ulang oleh Dwiki Dharmawan dan menjadi bagian dari "Soundtrack Cinta dalam Sepotong Roti" (1991), dibawakan oleh Ratna Octaviani.

Mengingat gue mahasiswa, dan dia dulu pernah jadi dosen, gue pengen juga belajar dengan beliau. gue adalah teknik, dia adalah sastra. teknik sastra adalah terobosan baru buat perkuliahaan. hahahaha.

AKU INGIN
aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

0 komentar:

Posting Komentar

tolong komentarin ya !