Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

25 Agu 2009

Masih kah gue bisa kembali dikehidupan itu ?

sambil membaca acara munggahan di blog YOpi.

Tiba” perasaan gue suka bertanya-tanya “kira-kira blog ini ada manfaatnya engga ya ?”

Udah lebih tiga bulan gue mencoba menulis sesuatu yang pengen banget di sampaikan ke orang”. mulai dari kejadian sehari-hari yang sulit dilupakan, tentang perasaan saat ini, sampai sesuatu yang sulit diungkapkan oleh kata”. Dan engga bisa di tolak, kalo gue selalu menulis hal” yang sangat absurd dan kejadian” yang penuh kekonyolan. Sampai tidak mengetahui manfaat apa yang telah saya tulis bagi orang”. ^_^

Saya hanya ingin bercerita tentang apa yang telah saya lakukan sampai saat ini. Kita adalah makhluk social, di ciptakan untuk saling memberi dan mengasihi. Makanya gue tulis ini di blog. Supaya orang” bisa mengetahui dan memberi pendapat, saran, komentar, dorongan, hiburan atas hal” yang selama ini gue lakukan dan rasakan. Toh dengan itu juga gue bisa lebih baik. Hehe.

Gue juga pengen banget menghibur, memberi inspirasi, dan dukungani kepada siapapun. Siapa tau bisa dapet pahala.

I’m really make it gonna in happen. Life is free !!!!

Artinya : saya yakin tiada hari tanpa BOKER. Ya engga lah. ohohoho

***

now we are talking about fasting, sambil bercerita dan ber-opini..

Lets begin !

Ahaha, ngomongin Puasa jadi inget masa kanak” gue di bulan Ramadhan suka ngorek” makanan di katel.

yang paling sulit untuk dilupa-in adalah ketika gue berpuasa di Kefamenanu, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang orang” kagak pake sandal kalo lagi maen bola, waktu kelas 4 SD dan 5 SD. Puasa di NTT itu beda banget sama puasa di Pulau Jawa, Tasikmalaya tentunya. Di sana gue sabagai kaum minoritas ( 10% beragama ISLAM) berpuasa dengan tabiat “ batal, jangan, batal, jangan” . terus kata” itu gue ulangin sampai setan dengan bangga membujuk gue. *HAHAHA*

Gimana engga banyak godaan, yang namanya Puasa itu Cuman milik orang Islam. Agama lain mana punya (who knows). Di sana ketika gue berpuasa, temen malah asyiknya makan dengan liar kemana”. sementara Gue lagi aus, orang bisa minum. Parahnya temen gue jadi so baik nawarin makan ketika gue berpuasa. *anjoss*.

Dan dibekali Agama yang lemah pada saat itu, akhirnya gue sering batal setiap kali pulang sekolah. Alasannya pulang sekolah Siang, Jalan kaki dari sekolah ke rumah serasa mengarungi Padang Pasir berserakan TAI Sapi. Apalagi pas pelajaran Olahraga. Kadang guru ngasih toleransi, tapi kadang juga Guru sampai NAROOTAKNYADIPANTAT nyuruh motong rumput kalo ga ikut pelajaran. Lalu, dengan bangga gue ikutan minum JasJus* saat itu.

(*Minuman favorit anak” Kefa adalah JasJus jambu pake sedotan.)

Yeah enak juga sih kalo batal di Kupang, Orang tua masih ngerti. Udah pulang ga dijemput, jalan kaki, Panas, Keringetan. Dan dengan Gampang gue bilang ke Nyokap “ MAH, aa engga Puasa ah” atau buka kulkas minum Air Dingin. Beres.

Kalo disini, engga beda jauh.jalan kaki dari sekolah ke rumah capek, keringetan. Coba kehidupan gue masih bisa kayak gitu sekarang. Lari dari sekolah ke rumah, nyampe dirumah teriak “MAAAAAH”, terus buka kulkas, minukm air dingin. Pas maen sama temen” ditanya “ eh lu Puasa engga?”. Gue jawab “ engga ah capek abis lari” dari Rumah”.. sementara dari mesjid pegumuman INALILAHI SI CHANDRA NTEU PUASA. ERA. >.<’

Singkatnya kelas 4 batal 17 kali, kelas 5 batal 6 kali ( peningkatan/PMDK IPB)

Any Gay, Puasa ga lepas juga sama yang nama-nya Ngabuburit. Sebagian orang mengisi acara ngabuburit denga berbagai hal. Misalnya Ibu” ngabuburot (ngabuburit maksudnya), di dapur, Bapa di teras, anak” maen sesepedahan atau gimana gitu, dan anak muda keluyuran.

Masalahnya, gue sebagai (ngakunya) anak muda belum pernah ngerasain yang namanya keluyuran pas ngabuburit di bulan Ramadhan da kota santri (nakal) Kali ini. Hhahhh, tiap sore nyampah di facebook. Bikin statement engga jelas. Dan berikut beberapa realitas Ngabuburit di 4 daerah :

  1. Serang, Banten. Acara ngabuburit masih diisi bareng nyokap sambil bawa rak makanan kecil didada sambil suapin gue di temenin beberapa temen nyokap. Nyokap pada ngobrol dengan santai (disertai malu punya anak engga puasa), sementara gue jadi pawang Monster di gebugin sama temen” yang jadi Power Ranger (anak temen nyokap gue). Waktu itu masih TK nol besar.
  2. Kefamenanu, NTT. Ngabuburit apaan. Air untuk madi aja susah di sana-mah. Kalo lagi semangat bokap paling ngangkut air empat jerigen buat mandi. Sementara gue maen di depan teras rumah bareng Indra yang masih imut pada saat itu samba pelang-pelong jalan. Ada mmobil lewat gue tepuk tangan kayak orang gila. Kelas 4 SD.
  3. Cijulang, Jawa barat. Gue sempet nanya “ngabubuit itu paan RU?”. Kata ngabuburit pertama kali gue denger pas di sini (belum bisa Basa Sunda). Yeah ngabuburit di isi dengan bersepeda sama temen” menuju bandara Nusawiru. Ah kangen ngabuburit di Cijulang. Kelas 6 SD.
  4. Tasikmalaya, Jawa Barat. Kehidupan menjadi lebih instan, jadi sering pengen bergaya. Ngabubuit pake motor, baju bagus (kadang ngorbanin baju lebaran). Pasang Tampang pas-pas ke cewek”, kegiatan ini dilakukan setelah kuliah sore biasanya. SMP dan SMA.

Namun pada kenyataannya, kita sering keliru dengan Makna dari arti Acara menjelang buka puasa alias Ngabuburit itu. Engga banyak juga banyak hal negative yang dilakukan orang” ketika sedang melakukan aktifitas ngabuburit. Ini bisa kalian sadari atau tidak disadari sama sekalipun.

Mungkin saatnya kita untuk berfikir jernih dengan hal ini. Waktu yang kita pergunakan untuk ngabuburit dengan keluyuran momotoran bisa lebih bermanfaat lagi sebenarnya. Kita bisa melakukan aktivitas ngabuburit dengan hal yang baik dan berguna bagi diri sendiri dan orang lain seperti contoh membantu kedua orang kita di dapur atau meringankan beban mereka, atau bertadarus. Sekalii lagi, kita harus berfikir jernih, melihat hal yang paling berguna akan waktu nyang kita jalanin. Mencoba meninggalkan hal-hal yang mungkin engga penting banget, untuk yang bermanfaat.

Atau paling engga kita isi dengan acara yang biasa” aja, asalkan Ngabuburit ini malah tidak membuat Puasa yang hamper kita laksanakan menjadi sia-sia.

Segala yang mendekati untuk sementara dihindarkan. kita harus sama” mengetahui apa yang dilarang dan dibolehkan… saya berbicara sebagaimana kapasitas saya sebagai pelajar SMA dan sedikit mengetahui. Yang terpenting tugas kita untuk mencari tahu hal” yang baik tentunya.

1 komentar:

kayak si bolang...

wkwkwkw...

Posting Komentar

tolong komentarin ya !